Pemilik Tembakau Jawa Digelandang ke Mapolres Pamekasan

Pamekasan (PWINews) - Pemilik tembakau Jawa yang tertangkap tim gabungan dalam operasi tembakau Jawa yang digelar di Jalan Raya Tlanakan Senin (26/9/2016) malam, akhirnya digelandang ke Mapolres Pamekasan untuk penyidikan lebih lanjut.

Selain pemilik tembakau, petugas juga menyita barang bukti 932 kilogram tembakau Jawa hasil operasi itu ke Mapolres Pamekasan.

"Jadi orang, yakni pemiliknya berikut barang buktinya langsung kami bawa ke Mapolres Pamekasan saat itu juga," kata Kasi Penyidikan dan Penyelidikan Satpol-PP Pamekasan Yusuf Wibiseno kepada pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pamekasan seusai operasi, Senin malam.

Tim Penyidik Polres Pamekasan selanjutnya akan memproses kasus itu, dengan meminta keterangan terlebih dahulu kepada sejumlah pihak terkait.

Yusuf menjelaskan, kegiatan operasi tembakau Jawa oleh Satpol-PP bersama Polres Pamekasan, Corp Polisi Militer (CPM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), serta Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) itu merupakan amanah dari Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Penatausahaan Tembakau Madura. [Baca Juga: Satpol-PP Pamekasan Operasi Tembakau Jawa]

Dalam perda itu, petugas penegak perda diminta untuk melakukan pengawasan dan pelarangan masuknya tembakau Jawa ke Madura, yakni di wilayah hukum Pamekasan.

Ketentuan tentang Pengawasan tesebut sebagaimana diatur dalam Bab XIII pasal 22 serta Bab XIV pasal 23 terkait larangan melakukan campuran tembakau Madura dengan tembakau asal luar Madura.

"Atas dasar itulah, maka pemkab membentum tim pemantau khusus, gabungan dari sejumlah instansi terkait, guna mencegah masuknya tembakau Jawa ke Pamekasan, Madura ini," terang Yusuf. [Baca Juga: Tim Gabungan Temukan Tembakau Jawa Masuk Pamekasan]

Perda Nomor 6 Tahun 2008 tentang Penatausahaan Tembakau Madura ini ditetapkan oleh Bupati Pamekasan Kholilurrahman kala itu, pada tanggal 23 Juni 2008 dan mulai diundangkan di Pamekasan pada 23 September 2008.

Operasi mengantisipasi masuknya tembakau Jawa oleh tim penegak perda selama musim panen tembakau kali ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Pamekasan, guna menjaga kualitas tembakau petani di Pamekasan. (PWI/Satpol-PP Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »