Dandim Ajak Ulama Bersinerja Jaga Keutuhan NKRI

PWI Pamekasan 9:52:00 AM
Pamekasan (PWINews) - Komandan Kodim 0826 Pamekasan Letkol Inf Nuryanto, mengajak para ulama di wilayah itu bersinergi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari berbagai jenis ancaman.

Ajakan itu disampaikan Dandim saat bersilaturrahmi dengan sejumlah tokoh ulama di Pamekasan. Salah satunya di pondok pesantren Al-Islam As-Salafy Taman Sari, Palenggaan, Pamekasan.

“Ini penting, karena bangsa kita bisa bebas dari penjajahan dan menjadi bangsa yang merdeka seperti sekarang, berkat kerja sama yang baik dari semua kalangan, baik itu TNI, masyarakat, maupun para tokoh ulama kita dulu,” kata Dandim dalam keterangan persnya kepada media di Pamekasan, Minggu (4/9/2016).

Kunjungan Komandan Kodim 0826 Pamekasan ke Pondok Pesantren Taman Sari Palengaan asuhan KH Wasik Hamzah itu, juga sebagai pengenalan sebagai pimpinan baru di Makodim Pamekasan.

Pengasuh pondok pesantren ini juga banyak berdiskusi tentang ke-Islam-an dan pentingnya syiar Islam dalam berbagai lini kehidupan. Pengasuh juga banyak memberikan arahan dan harapan kepada Dandim Pamekasan yang baru dilantik sebulan lalu itu.

“Selain kita menginginkan adanya sinergi perjuangan, antara ulama dan TNI, juga kita dalam rangka kulonuwun kepada tokoh ulama di Pamekasan ini. Sebab bagaimanapun dukungan semua pihak, akan menjadi kunci sukses dalam menjalankan tugas-tugas, dan itu yang diharapkan pimpinan,” katanya.

KH Wasik Hamzah dalam kesempatan itu juga berharap, agar TNI juga bisa membantu lembaga pendidikan pesantren, utamanya dalam ikut menciptakan rasa aman, baik di lembaga pendidikan pesantren secara khusus dan masyarakat Pamekasan secara umum.

Kunjungan ke pesantren oleh Dandim Letkol Inf Nuryanto ini, merupakan bagian dari lawatannya Dandim sebagai pimpinan baru di Makodim Pamekasan.

Sebelumnya Dandim juga meninjau di kantor Koramil Palengaan dan memberikan arahan kepada para prajurit TNI yang bertugas di wilayah itu.

Antara lain agar TNI sebagai abdi negara hendaknya menjadi teladan bagi masyarakat dan menjauhi dari perbuatan melanggar hukum, seperti penipuan, terlibat kasus narkona, dan praktik asusila.

“Dalam berdinas jangan sampai kita ini menemui masalah. Ayo kita tunjukkan bakti kita kepada negara dan bangsa, dan kita sebagai TNI harus patuh kepada hukum serta harus kompak,” kata Dandim.

Secara tegas, Dandim juga menekankan, agar TNI senantiasa bersikap netral, sehingga bisa menjadi pengayom semua golongan dan kelompok masyarakat. “Upayakan kalau ada kasus di wilayah kita harus netral karena tugas kita menyelesaikan masalah dan bukan memenangkan satu pihak.(Jangan besar pasak dari pada tiang),” tegas Dandim.

Letkol Inf Nuryanto resmi menjabat sebagai Dandim 0826 Pamekasan pada hari Selasa tanggal 16 Agustus 2016 sekitar pukul 19:30 WIB yang ditandai dengan tradisi lepas sambut pejabat lama dengan pejabat baru di Makodim 0826 Pamekasan. (PWI/Kodim Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »