Mahasiswa UIM Latih Warga Buat Pupuk Organik


Pamekasan (PWINews) - Mahasiswa Universitas Madura (UIM) Pamekasan yang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Sumenep, melatih warga di desa itu membuat pupuk organik.

Pelatihan dan sosialisasi tentang pembuatan pupuk organik oleh mahasiswa KKN di posko 2 ini, karena karena Desa Rombasan, merupakan desa yang memilki potensi dalam bidang pertanian sesuai dengan hasil penemuan dalam observasi lapangan yang dilakukan sebelumnya, banyak sekali produk yang dihasilkan dari bidang pertanian, diantaranya buah naga, siwalan, pohon pisang, cabe jawa (jamu) dan pohon kelapa.

Namun dari sekian banyak hasil pertanian, ternyata kualitas dan kuantitas yang dihasilkan masih kurang diakibatkan sedikitnya penduduk yang mengetahui teknik tanam yang benar terutama dalam penggunaan media tanam ditambah dengan kualitas dan tekstur tanah Desa Rombasan yang keras yang sangat tidak sesuai dengan karakteristik akar buah naga yang halus yang merupakan tanaman penguasa di Desa Rombasan.

Maka dari itu, mahasiswa KKN UIM Posko 2 mengadakan pelatihan pembuatan pupuk organik kepada masyarakat khususnya kelompok tani di Balai Desa Rombasan pada hari Sabtu, 20 Agustus 2016 (minggu ke-3) dan dihadiri oleh 21 orang dengan target program kerja 20 orang, sehingga pencapaian hasil target tersebut sangat memuaskan mahasiswa KKN UIM Posko 2 karena antusiasme masyarakat yang tinggi.

Mahasiswa KKN UIM Posko 2, sengaja mendatangkan pakar/ahli dari Kabupaten Sampang dan Kabupaten Pamekasan (Alumni UIM Pamekasan) dalam permentasi kotoran unggas (ayam) yang merupakan salah satu potensi di Desa Rombasan khususnya dalam bidang Peternakan untuk selanjutnya dijadikan media tanam yang baik agar mendapat hasil produk dengan kualitas yang baik.

Diharapkan, agar pelatihan tersebut bukan hanya sebagai momentum mahasiswa KKN UIM Posko 2, melainkan dapat pula menjadi tambahan pengetahuan bagi para petani (kelompok tani) yang akan terus diterapkan dan digunakan sehingga produk hasil pertanian Desa Rombasan dapat menunjang nilai jual hingga dapat membantu kesejahteraan masyarakat khususnya para petani dan juga sebagai program lanjutan dari program-program mahasiswa KKN UIM Posko dalam membantu memajukan Desa Rombasan. (PWI/UIM Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »