Kodim Pamekasan Terjunkan Babinsa Bantu Pembangunan Waduk

Pamekasan (PWINews) - Kodim 0826 Pamekasan menerjunkan Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna membantu pembangunan waduk di Desa Klompang Timur, Kecamatan Pakong, Pamekasan.

Menurut Danramil Pakong Kapten Inf Heru Supriyanto, di Pamekasan, Selasa (30/8/2016) ada lima orang Babinsa yang diterjunkan secara khusus membantu pembangunan waduk yang terletak di Dusun Bagunung, Desa Klompang Timur, Kecamatan Pakong itu.

"Mereka kami tugaskan secara khusus untuk membantu masyarakat membangun waduk disana, agar kebutuhan air masyarakat bisa terpenuhi," katanya.

Menurut Danramil, waduk di Dusun Bagunung, Desa Klompang Timur, Kecamatan Pakong itu, sebenarnya telah dibangun sejak 1982 dan pada pembangunan kali ini kali tindak lanjut atau penyempurnaan dari sebelumnya.

Waduk di Dusun Bagunung itu memiliki luas 5.100 meter, dengan panjang 75 meter dan lebera 68 meter.

Waduk yang memiliki kedalaman 6 meter dan tinggi tangkis 5 meter dan kedalaman mulai dasar sampai atas 11 meter itu, diperbaiki dengan harapan agar bisa berfungsi secara maksimal, sehingga bisa mencukupi kebutuhan air petani, terutama di musim kemarau.

"Saat pengerjaannya penggalian dasar waduk dan akan dilanjutkan pembuatan tanggul serta pintu pembuangan air," terang Danramil.

Diperkirakan, waduk di Dusun Bagunung itu akan mampu mengairi lahan pertanian warga di dua dusun, yakni Dusun Bagunung, Desa Klompang Timur dan Dusun Berkongan Desa Kadur. "Karena lokasinya kan berada di perbatasan antara Desa Kadur dengan Desa`Klompang Timur," katanya.

Danramil menjelaskan, proyek pengerjaan waduk itu oleh PT Arta Mandiri Surabaya dengan dana dari APBD Provinsi Jawa Timur.

"Meski pengerjaan waduk ini oleh rekanan, tapi kami dari TNI telah diberi amanah negara untuk ikut membantu mensukseskan program swasembada pangan, sehingga hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan produksi swasembada pangan, juga menjadi tanggung jawab moral TNI," katanya. (PWI/Kodim Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »