Donat Siwalan

Pamekasan (PWINews) - Pernahnya anda mendengar nama buah siwalan? Siwalan merupakan salah satu buah yang sangat dikenal di Madura, karena pohon siwalan memang banyak tumbuh di Pulau Garam ini.

Pohon ini, tergolong unik dan memiliki nama berbeda, pohonnya disebut siwalan, buahnya disebut "ta'al" dan daunya disebut "bhelerek (Bahasa Madura)".

Adalah mahasiswa Universitas Islam Madura (UIM) yang sedang menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN), yakni di Posko 2 berhasil membuat inovasi terhadap hasil produk tanaman di Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Sumenep.

Kali mereka hasil produk pertanian yang ada di desa itu, yakni buah Siwalan yang selama ini dikonsumsi secara langsung, kini diubah menjadi donat dengan berbagai variatif rasa khususnya coklat.

Dilihat dari segi tampilan memang tidak ada bedanya dengan donat biasa pada umumnya, namun perebdaannya terletak pada adanya buah siwalan yang telah di blender untuk menjadi salah satu bahan baku pembuatan donat.

Pembuatan donat siwalan ini terinisiasi dari kurangnya tingkat kreatifitas masyarakat dalam pengolahan hasil produk buah siwalan. Maka berangkat dari permasalah mendasar tersebut, dan tuntutan mahasiswa dalam melakukan penerapan ilmu yang dilakukan oleh mahasiswa yang selanjutnya akan dijadika program-program kreatifitas yang dapat dipertanggung jawabkan.

Kehadiran donat siwalan ini, cukup ditunggu-tunggu oleh masyarakat khususnya pemerintah desa sebagai satu inovasi terbaru yang dibutuhkan dan tentunya juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sehingga membuat masyarakat Desa Rombasan dapat terus mengembangkan hasil-hasil pengolahan produk jadi di bidang hasil pertanian yang mayoritas penduduk Ds. Rombasan adalah petani/pekebun dengan kuantitas petani 308 yang terdiri dari 182 petani laki-laki dan petani perempuan 126 orang.

Pelaksanaan pembuatan donat siwalan ini dilaksanakan pada minggu ke tiga, yang merupakan salah satu program yang menjadi program prioritas di program kerja mahasiswsa KKN UIM 2016 Posko 2. 

Diharapkan dari adanya pembuatan donat siwalan ini dapat memenuhi hasrat masyarakat khususnya Pemerintah Desa Rombasan dalam bidang kewirausahaan yang dapat menunjang perekonomian masyarakat. (PWI/UIM Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »