Koramil Pasean Cegah Pemuda Terjerumus Narkoba melalui Musik

Musik Patrol Satu Hati binaan Koramil Pasean
Pamekasan (PWINews) - Babinsa Koramil 0826/13 Pasean, Pamekasan berupaya mencegah para pemuda terjerumus dalam kasus narkoba dengan mengarahkan mereka menggemari musik tradisional daul atau musik patrol.

Salah satunya, seperti group musik patrol "Satu Hati" Babinsa Serma Sukur di Desa Daya, Kecamatan Pasean, Pamekasan.

"Pembentukan group musik ini, sebagai upaya kami untuk mengarahkan kegiatan pemuda di desa itu, kepada hal-hal yang negatif, dan tidak terjerumus pada narkoba dan berbagai jenis kenakaan remaja lainnya," katanya dalam keterangan pers yang disampaikan kepada media.

Serma Sukur tergerak membentuk kelompok musik daul atau musik patrol itu, karena di wilayah tersebut selama ini diketahui marak peredaran obat terlarang narkoba. Selain narkoba, aksi balapan liar juga marak terjadi di tiga kecamatan di wilayah utara, yakni Kecamatan Waru, Pasean dan Kecamatan Batumarmar).

"Saat ini marak kenakalan remaja seperti Narkoba dan balap liar, sehingga saya berpikir bagaimana caranya menyalurkan kegiatan mereka (pemuda) kedalam kegiatan positif dan bermanfaat, maka saya bentuk grup musik Patrol ini," katanya.

Pembentukan grup ini atas prakarsa Babinsa bersama beberapa tokoh masyarakat diantaranya Yanto, H. Ahmad dan Muh Sahid.

"Nama grup yang dipilih Satu Hati karena kita seluruh komponen masyarakat baik pemuda, orang tua, anak anak dan juga koramil menyatukan tujuan bertekad berbuat baik dan menjadi contoh bagi masyarakat Pamekasan" jelas Serma Sukur.

Saat ini personel grup musik Patrol "Satu Hati" berjumlah 60 orang pemuda dan mengisi kegiatan Ramadhan dengan berlatih dan memamerkan kemampuannya setiap sore di sisi jalan raya Waru-Pasean sambil menghibur masyarakat yang lewat.

"Group binaan TNI di Desa Tagangser Daya binaan Serma Sukur itu, kedepan direncanakan hendak dikolaborasikan dengan musik modern, sehingga memiliki daya tarik tersendiri dan semakin disuka kalangan pemuda di wilayah itu.

"Insyallah selesai Lebaran ini kami akan mengumpulkan dana untuk beli alat musik modern," katanya, menjelaskan. (PW/Kodim Pamekasan)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »