Ketua PWI: Porwanas Komitmen Wartawan Terhadap Olahraga

PWI Pamekasan 6:23:00 AM
Jakarta (PWINews) - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Margiono, Kamis (21/7)  menyatakan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) merupakan ajang konsolidasi dan komitmen wartawan terhadap dunia olahraga yang merupakan salah satu liputan populer.
“Porwanas selain ajang konsolidasi dan silaturahim wartawan di Indonesia, juga untuk membuka semangat dan keterampilan jurnalistik, karena olahraga sebagai salah satu cabang peliputan yang populer dan ditunggu oleh masyarakat,” kata Margiono.
Ia menyebutkan, Porwanas merupakan salah satu event besar selain Hari Pers Nasional. Ajang pertandingan olahraga multi even itu, menjadi ajang berkumpulnya para wartawan profesional dari seluruh provinsi di Indonesia.
Melalui kegiatan Porwanas juga diharapkan bisa meningkatkan semangat dalam menjalani dan menempa diri dalam berolah raga dan aktif mensosialisasikan olahraga di masyarakat.
Selain itu berkomitmen dan mengapresiasi liputan cabang olahraga yang merupakan salah satu konsumsi informasi yang ditunggu oleh masyarakat di Indonesia.
“Melalui ajang Porwanas, diharapkan para wartawan bisa menyemangati kehidupan olahraga di daerah juga menggali potensi daerah masing-masing,” kata Margiono.
Demikian halnya dengan Porwanas XII/2016 Jabar di Kota Bandung, Jawa Barat, kehadiran para wartawan dari  33 provinsi di Indonesia diharapkan bisa menyampaikan potensi Jawa Barat ke seluruh tanah air. Pada giliranya akan mendorong pemberdayaan ekonomi daerah.
Ia menyebutkan Porwanas XII/2016 Jabar juga mengusung semangat persatuan dan kesatuan, yang direfleksikan dalam defile upacara pembukaan yang mana setiap kontingen akan tampil dengan pakaian adat daerah masing-masing.
Pada kesempatan itu, Margiono mengapresiasi kepada berbagai pihak antara lain Pemprov Jabar, Polda Jabar, Kodam Siliwangi dan Lanud Husein Sastranegara dan pihak lainnya yang mendukung kegiatan itu.
Sementara itu Ketua Umum PB Porwanas Jabar Mirza Zulhadi menyatakan Jabar telah siap menjadi tuan rumah Porwanas XII/2016 yang akan dipusatkan di Kota Bandung. Upacara pembukaan akan dilakukan di Stadion Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung di Jalan Setiabudi Kota Bandung pada Selasa (26/7) pukul 11.30 WIB.
“Kami sudah siap menggelar pertandingan Porwanas XII/2016 yang akan mempertandingkan 10 cabang olahraga dan satu cabang karya jurnalistik,” kata Mirza Zulhadi.
Upacara pembukaan Porwanas XII/2016 Jabar rencananya akan dilakukan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi yang akan dihadiri oleh Gubernur Jabar H Ahmad Heryawan dan lainnya. Kegiatan itu akan ditandai dengan defile kontingen dan pentas seni budaya dan eksebisi tim Persib Legend melawan PWI Legend.
Sepuluh cabang pertandingan antara lain sepak bola, bulutangkis, biliar, boling, bridge, tenis meja, tenis lapangan, catur, futsal dan atletik. Sebagian besar pertandingan digelar di Kompleks UPI Bandung.
Sementara itu Porwanas XII/2016 memiliki logo “Kujang’ yakni senjata khas Jawa Barat sedangkan maskotnya macan tutul yang dinamai “Jang Tutul”. Setiap peraih medali pada pertandingan Porwanas akan mendapatkan medali dan maskot khas berwarna kuning tutul itu.
Lebih lanjut Mirza yang juga Ketua Umum PWI Jawa Barat itu mengatakan kedatangan kontingen akan berlangsung sejak Minggu (24/7) hingga Senin (25/7) baik langsung ke Bandara Husein Sastranegara maupun melalui Bandara Soekarno Hatta. Selain itu sejumlah kontingen yang menggunakan moda kereta api akan disambut di Stasiun Kereta Api Bandung.
“Selain mengikuti pertandingan di ajang Porwanas, perwakilan dari kotingen juga akan melakukan peninjauan ke sejumlah venue PON XIX/2016 yang ada di Kota Bandung,” kata Mirza.
Sementara itu Wakil Ketua Bidang Pertandingan Porwanas XII/2016 Jabar, Pujo Hastowo menyatakan technical meeting cabang olahraga akan digelar pada Senin (25/7) di Kompleks Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
“Technical meeting akan digelar di UPI,” kata Pujo Hastowo menambahkan.
Sementara itu untuk PB Porwanas XII/2016 Jabar juga meluncurkan website www.porwanas2016jabar.com untuk menjadi panduan informasi tentang kegiatan kegiatan pekan olahraga wartawan se-Indonesia itu. (Kontroversinews.Com, 23 Juli 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »