HPN 2017 Akan Digelar di Maluku

PWI Pamekasan 12:47:00 AM
Jakarta (PWINews) - Hari Pers Nasional (HPN) 2017 akan diselenggarakan di Kota Ambon, Maluku, pada 9 Februari 2017 sekaligus sebagai momentum untuk membangkitkan kejayaan Maluku yang berbasis pada potensi kekayaan maritim dan sumber daya alam.
HPN 2017 Maluku rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo dan diikuti sekitar 3.000 wartawan dalam maupun luar negeri.
"HPN di Maluku dimaksudkan sebagai upaya pers ikut berperan dalam percepatan pembangunan di provinsi tersebut, sehingga dapat bangkit dengan memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki khususnya di bidang kemaritiman," ujar Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Margiono dalam peluncuran HPN 2017 di Auditorium TVRI, Jakarta, Sabtu malam (23/7/2016).
Maluku dipilih menjadi tuan rumah HPN 2017, menyisihkan calon lain yakni Sumatera Barat, karena provinsi di wilayah timur Indonesia itu dianggap lebih membutuhkan perhatian.
Terlebih, dalam sejarah bangsa Indonesia dahulu dikenal banyak tokoh terkemuka dari Maluku seperti Pattimura, Leimena, Siwabessy, dan Wattimena. Kini, sudah tidak banyak terdengar kiprah tokoh Maluku dalam kancah nasional di luar bidang budaya seperti seni musik atau olah vokal.
"Penyelenggaraan HPN 2017 Maluku diharapkan dapat menggerakkan pemerintah pusat dan para pemangku kepentingan terkait, termasuk kalangan dunia usaha serta para investor, untuk semakin memberikan perhatian kepada Maluku," kata Margiono.
Menurut dia, Maluku sudah selayaknya masuk dalam skala prioritas pembangunan karena posisinya yang sentral di kawasan Indonesia timur, apalagi jika dilihat dalam konteks Austronesia. Sementara itu, Gubernur Maluku Said Assagaff berharap kehadiran ribuan insan pers dalam HPN 2017 dapat membantu memulihkan stigma negatif tentang provinsi yang sempat dilanda konflik pada 1999 sampai awal 2000-an.
"Pers punya tanggung jawab untuk membantu Maluku, dengan peliputan HPN di Maluku orang-orang akan bisa melihat bahwa daerah kami sudah aman, maju, dan tidak ada konflik," tuturnya.
Pemerintah Provinsi Maluku akan kembali mengadakan peluncuran HPN 2017 pada 8 September 2016, bertepatan dengan event pariwisata Festival Teluk Ambon.
Peringatan HPN diselenggarakan oleh komponen pers nasional meliputi Dewan Pers, PWI, Serikat Perusahaan Pers (SPS), Serikat Grafika Pers (SGP), Asosiasi Jurnalis Independen (AJI), Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Asosiasi Televisi Swasta Seluruh Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI), serta Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I). (WartaEkonomi.Co.Id, 24 Juli 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »