Atlet PWI Kaltim Pastikan Berlaga di Porwanas

PWI Pamekasan 11:08:00 PM
Samarinda (PWINews) - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kaltim akhirnya memastikan diri berlaga di ajang  Pekan Olahraga Wartawan (Porwanas) XII/2016 di Bandung – Jawa Barat, 25 – 30 Juli. Kepastian ini tak lepas dari peran atau bantuan Rita Widyasari dan KONI Kaltim.
Ketua Seksi Wartawan Olahraga (Siwo) PWI Kaltim, H Rusdiansyah Aras dalam rapat persiapan di Aula Hifnie Effendy Gedung PWI Kaltim menyampaikan, Rita Widyasari, Bupati Kutai Kartanegara dalam kapasitasnya sebagai pribadi, sebesar Rp 100 juta. Selain itu, ada juga dana pendaftaran Rp 45 juta yang didukung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim.
Namun, dana sebesar itu jelas belum cukup untuk memberangkatkan 60 orang anggota kontingen asal Kaltim. Karena itu, dukungan juga didapatkan dari Kaltim Post Group, seperti Kaltim Post, Samarinda Pos, dan Berau Post yang bersedia membantu dengan membiayai keberangkatan atletnya sendiri. Ada pula beberapa atlet dan ofisial yang juga rela dan bersedia berangkat dengan dana pribadi. “Yang penting bisa berangkat menyelamatkan wajah Kaltim,” tegas Rusdiansyah.
Meski demikian, dukungan dana juga didapatkan dari PT Kaltim Prima Coal Rp 20 juta dan PT Berau Coal Rp 10 juta. Juga ada dukungan kostum dari Total Indonesie. PT Pupuk Kaltim juga dikabarkan memberikan dukungan, namun belum diketahui berapa besarannya.
Dukungan lain juga diberikan pengusaha transportasi H Ambo Dalle, pemilik CV Arafat, dengan memberikan dukungan transportasi bus gratis dari Samarinda ke Bandara Sepinggan di Balikpapan. “Kami juga ada mengajukan permohonan bantuan ke Bankaltim. Namun sejauh ini belum ada jawaban,” ujarnya.
Rusdiansyah tak lupa menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak yang sudah memberikan dukungan kepada PWI Kaltim, demi mengikuti ajang ini.
Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi menyampaikan, tetap mengupayakan mendapatkan bantuan dari Pemprov Kaltim.
“Menurut informasi, Pemprov Kaltim akan tetap mengupayakan memberikan dukungan PWI melalui dana APBD Perubahan 2016,” ujarnya. Endro berharap, Pemprov benar-benar merealisasikan dukungan dana untuk organisasi wartawan tertua di Kaltim ini. “Setidaknya teman-teman bisa lega karena ada juga kepastian bantuan, meski belum sekarang,” katanya.
Menurut rencana, kontingen Kaltim akan bertolak ke Bandung pada 25 Juli mendatang transit melalui Jakarta dan dilanjutkan dengan perjalanan menggunakan bus ke Bandung.
Ia mengatakan, dana yang diperlukan untuk Porwanas ini Rp 700 juta. Karena itu, dengan dana yang ada tetap dimaksimalkan. “Beruntung semua teman wartawan sangat semangat dan tetap bersedia  berangkat dengan fasilitas apa adanya. Bahkan ada yang biaya sendiri,” tuturnya.
Yang paling penting semua atlet yang merupakan para wartawan ini tetap bisa bertanding. “Soal seragam dan lain sebagainya, ya kalau memang ada seragam bisa saja dibuatkan. Kalau memang tidak bisa, ya yang penting berangkat,” sambungnya.
Sebagai informasi, 2007 silam Kaltim pernah menjadi tuan rumah Porwanas dan terbilang sukses. Penggunaan anggaran yang efektif dan efisien, menghasilkan penghematan anggaran hampir Rp 1,7 miliar. Dana sebesar itu dikembalikan lagi ke kas daerah, ke Pemprov Kaltim. Begitu pula ketika Kaltim mengikuti event Porwanas 2010 di Palembang, juga ada sisa anggaran Rp 150 juta, juga disetor kembali ke kas daerah. (Prokal.Co, 15 Juli 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »