Kompas Pamekasan Gelar Pengkaderan Astronomi

PWI Pamekasan 3:39:00 PM
Pamekasan (PWINews) - Sejumlah peserta antusias mengikuti pengkaderan Ahli Hisab dan Rukyat yang digelar Komunitas Pelajar Astronomi (Kompas), bekerjasama dengan Badan Hisab Rukyat (BHR) Pamekasan.
Kegiatan yang diikuti perwakilan dari pesantren dan mahasiswa dari perguruan tinggi di Madura, digelar di Yayasan Al-Ihsan, Desa Buddagan, Kecamatan Pademawu, sejak Kamis hingga Sabtu (23-25/6/2016) besok.
"Sebenarnya kegiatan ini sengaja kita gelar dalam rangka menyambut Nuzulul Qur'an, serta membumikan ilmu falak yang memang terkenal langka," kata Ketua Kompas Pamekasan, Zainal Abidin, Jum'at (24/6/2016) malam.
Kegiatan yang mengangkat tema 'Pemrogrman dengan Microsorf Office Excel dan VBA bagi Pemula', sengaja mendatangkan sejumlah pemateri yang sudah memiliki kemampuan dan kualitas di bidang ilmu Astronomi, salah satunya Ismail Abay. "Ilmu falak yang kami jadikan materi sudah di aransement modern," ungkapnya.
Pihaknya berharap kegiatan itu bisa mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, khususnya di berbagai lembaga ahli hisab dan rukyat. "Bila sudah sinergi, tentunya akan menjadi tolak ukur dalam menjalin keharmonisan antar umat Islam. Khususnya NU dan Muhammadiyah yang sama-sama memiliki metode," harapnya.
Tercatat sebanyak 42 peserta berpartisipasi pada kegiatan tersebut, mereka terdiri dari berbagai lembaga ahli hisab dan rukyat di pesantren dan perguruan tinggi. Di antaranya Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Darul Ulum Banyuanyar, Miftahul Ulum Bettet, Miftahul Qulub Polagan, Sumber Anom hingga Annuqayyah Guluk-Guluk, Sumenep.
Selain itu juga delegasi dari perguran tinggi, di antaranya mahasiswa STAIN Pamekasan, Universitas Islam Madura (UIM) hingga Istika Guluk-Guluk Sumenep. (BeritaJatim.Com, 25 Juni 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »