Dinsosnakertrans Pamekasan buka posko pengaduan THR

Pamekasan (PWINews) - Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi Pamekasan, Jawa Timur, membuka posko pengaduan tunjangan hari raya kepada para buruh di wilayah itu.
"Buruh yang tidak diberi THR oleh perusahaannya bisa mengadukan kepada kami, dan pasti akan kami tindaklanjuti," kata Kasi Pembinaan Industrial dan Pengupahan Dinsosnakertrans Pamekasan Moh Ali Husni di Pamekasan, Minggu (26/6), seperti dikuitp Antara.
Posko pengaduan bagi buruh perusahaan itu di kantor Dinsosnakertrans Pamekasan, yakni di Jalan Raya Panglegur Pamekasan.
Dinsosnakertrans Pamekasan juga membuka pengaduan melalui pesan singkat (SMS centre) di nomor 081330901543.
Melalui SMS centre itu, buruh bisa mengadukan nama perusahaan yang tidak membayar THR, nama pelapor (buruh), dan lama ia bekerja.
"Pelapor akan kami rahasiakan, dan setiap laporan pasti kami tindaklanjuti," katanya.
Ali Husni menjelaskan pemberian THR kepada buruh perusahaan itu, telah diatur dalam ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya Permenakertrans Nomor 6 Tahun 2016.
"Dalam ketentuan yang baru ini, buruh yang baru bekerja satu bulan saja, sudah bisa mendapatkan THR. Kalau dulu kan tidak bisa," katanya.
Ia menjelaskan pemberian THR oleh perusahaan kepada buruh, paling lambat H-7 Lebaran.
Hal itu dimaksudkan agar tunjangan yang diberikan perusahaan, bisa dibelanjakan untuk kebutuhan Lebaran.
"Kami sudah menyampaikan sosialisasi tentang ketentuan ini kepada para pemilik perusahaan yang ada di Pamekasan ini," katanya.
Jumlah perusahaan terdata di Kabupaten Pamekasan 236 perusahaan, dengan jumlah usaha mikro, kecil, dan menengah 14.315 unit, dengan jumlah tenaga kerja terserap mencapai 45.808 orang. (Elshinta.Com, 26 Juni 2016)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »